MagazineBagaimana Cara Membuat Blog? Ikuti 6 Langkah Mudah Ini Template

MagazineBagaimana Cara Membuat Blog? Ikuti 6 Langkah Mudah Ini Template

Bagaimana Cara Membuat Blog? Ikuti 6 Langkah Mudah Ini

Hoya masuk kembali di situs INFORMASI PALING LENGKAP, Hari ini kita akan menjelaskan
"Bagaimana Cara Membuat Blog? Ikuti 6 Langkah Mudah Ini" secara jelas, silakan cerap selengkapnya.

Membuat blog tak individual untuk orang-orang yang ahli coding saja. Siapa pun bisa melaksanakan blog, teperlus Anda. Cara melaksanakan blog sorangan sangat mudah, bahkan belah Anda yang tak ahli coding sama sekali.

Ya, tanpa pemahaman coding Anda bisa melaksanakan blog sorangan dengan mudah. Dengan bantuan kebijakan pabrikasi blog seperti WordPress, Anda bahkan bisa melaksanakan blog sekadar dalam hitungan menit!

Anda telah menciptakan artikel yang tepat untuk memimpin Anda melaksanakan blog. Di artikel ini Anda tak sekadar belajar melanda aturan melaksanakan blog di WordPress secara teknis, lamun lagi aturan mengoptimasi blog yang telah Anda buat.

Cara melaksanakan blog sorangan terjadi dari 6 langkah utama, yaitu:

  1. Tentukan Topik Utama Sesuai dengan Minat Anda
  2. Pilih Platform Blog Terbaik
  3. Pilih Layanan Hosting Terbaik
  4. Tentukan Nama Domain yang Mudah Diingat Orang
  5. Install WordPress.org
  6. Pahami Dasar-Dasar WordPress



Sudah siap melaksanakan blog? Tidak perlu berpanjang kata lagi, mari mulai langkah pertama Anda jadi blogger berhasil dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat Blog Pribadi (6 Langkah Dasar Membuat Blog)

Cara melaksanakan blog sorangan di bawah ini terjadi tempat enam langkah dasar. Dari memasang topik utama, memastikan kebijakan blog, memastikan hosting, memasang cap domain, hingga memahami pengantar WordPress.

1. Tentukan Topik Utama Sesuai dengan Minat Anda

Menentukan topik utama yang hendak Anda bahas di blog adalah pondasi bena dalam melaksanakan blog. Dengan kepunyaan topik utama yang jelas, Anda hendak bertambah encer dalam mengembangkan blog ke depannya. Anda ingat barang apa yang ingin Anda capai. Anda lagi ahli konten seperti barang apa yang ingin Anda buat.

Ingat, Anda hendak asuh blog ini untuk jangka waktu yang lama. Jadi pastikan Anda memastikan topik utama blog yang bertimbal dengan favorit dan atensi Anda. Dengan sedemikian itu Anda tak hendak merasa terbebani dalam melaksanakan konten blog.

Ada berlimpah topik blog yang bisa Anda angkat. Dari traveling, kuliner, parenting, marketing, teknologi, gadget, olahraga, entertainment, seni, musik, budaya, fashion, kecantikan, dan sedang berlimpah lagi.

Topik mana yang jadi atensi Anda?

Jangan percaya desas-desus yang mengatakan kalau sekadar topik-topik tertentu sahaja yang bisa menciptakan uang. Sebab saban topik kepunyaan audience-nya masing-masing.

2. Pilih Platform Blog Terbaik

Kini Anda sudah ingat topik barang apa yang hendak Anda bahas di blog. Saatnya lanjut ke aturan buat blog yang cukup teknis, diawali dengan memastikan kebijakan blog terbaik. Platform blog adalah alat yang hendak Anda gunakan untuk asuh blog, dari publish artikel berbatas optimasi blog.

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, melaksanakan blog masa ini semakin mudah. Anda tak perlu berkutat dengan kode-kode rumit untuk melaksanakan blog berkualitas bagus. Hal itu bisa berjalan berkat adanya kebijakan blog seperti WordPress dan Blogspot.

Mana kebijakan blog pokta untuk Anda?

Sebenarnya saban kebijakan kepunyaan ekses dan kekurangannya masing-masing. Namun, saya menganjurkan WordPress untuk Anda. Ada berlimpah alasan apa pasal WordPress adalah kebijakan pokta untuk Anda melaksanakan blog.

Catatan: WordPress yang dimaksud di sini adalah WordPress.org. Simak perbedaan celah WordPress.org dan WordPress.com di artikel ini.

mengelola jumlah wordpress dalam eka dashboard
  • Pertama, WordPress renceng mulut untuk pemula.

Dengan WordPress, Anda sama sekali tak perlu ahli coding untuk melaksanakan blog. Ingin memermak tampilan? WordPress menyediakan beribu-ribu inti gratis dan berbayar. Mau menambahkan fitur? Cukup install plugin dan Anda bisa dengan encer menambahkan karakteristik di blog.  

  • Kedua, biarpun encer digunakan, bukan berfaedah blog yang dihasilkannya berkualitas rendah.

WordPress telah digunakan bagi berlimpah perusahaan-perusahaan besar dunia seperti SONY Music, The Walt Disney, dan Mercedes Benz.

  • Ketiga, WordPress memiliki komune pemakai yang besar.

Dengan sedemikian itu Anda bisa dengan encer menciptakan les dan panduan memanfaatkan WordPress di internet. Terdapat berlimpah website, grup, dan komune online yang membagikan tips memanfaatkan WordPress.  

3. Pilih Layanan Hosting Terbaik

Di poin sebelumnya, saya sudah melentung sedikit bab hosting. Anda memerlukan hosting untuk bisa memanfaatkan WordPress. Ingat ya, yang saya maksud di sini adalah WordPress.org, bukan WordPress.com.

Mungkin istilah hosting sedang rendah hangat belah Anda. Sederhananya, hosting adalah ruang untuk menyimpan sarwa file website, dari konten, gambar, video, audio, teks, tema, berbatas pengaturan.

Jika memanfaatkan WordPress.com dan Blogspot, hosting sudah impulsif disediakan bagi kebijakan tersebut. Nah, saat memanfaatkan WordPress.org, Anda harus carter hosting secara mandiri.

Ada beraneka macam ala hosting yang bisa Anda gunakan, dari shared hosting, cloud hosting, hingga VPS hosting. Lalu model hosting mana yang tepat untuk Anda?

Shared hosting adalah model hosting yang amat sesuai untuk blog yang sedang pada tahap awal. Mengapa? Alasannya cukup sederhana, adalah karena shared hosting adalah model hosting yang amat berlebih-lebih dan amat encer pengelolaannya.

Untuk berbelanja hosting pun sangat mudah. Anda sekadar perlu menuju website penyedia layanan hosting pilihan Anda dan membeda-bedakan paket hosting. Jika ingin berbelanja paket hosting di Niagahoster, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di artikel ini.

Kabar baiknya, dengan membeli hosting di Niagahoster, Anda lagi bisa mendapatkan domain gratis! Menarik, bukan?

4. Tentukan Nama Domain yang Mudah Diingat Orang

Selain hosting, Anda lagi menghajatkan domain untuk blog. Domain adalah bibit yang digunakan untuk mengakses website Anda. Misalnya, Niagahoster, cap domainnya adalah www.niagahoster.co.id.

Keuntungan beda dari memanfaatkan WordPress.org adalah Anda bebas memastikan perluasan domain. Berbeda dengan WordPress.com dan Blogspot yang meminta Anda untuk menambahkan embel-embel wordpress.com ataupun blogspot.com di belakang cap domain Anda.

WordPress.org memungkinkan Anda untuk memastikan perluasan domain barang apa sahaja seperti

  • .COM,
  • .CO.ID
  • .ID
  • .NET
  • .ORG
  • .INFO
  • .XYZ
  • dan sedang berlimpah lagi.

Jadi Anda bisa berkreasi, tanpa perlu mengikuti aturan tertentu dari kebijakan blog.

Supaya blog Anda kepunyaan cap domain yang menarik dan encer diingat, Anda perlu mengikuti jumlah tips ini:

  • Buat Nama Domain yang Mudah Dieja

Pastikan cap domain Anda encer dieja. Anda bisa memanfaatkan cap Anda sebagai cap domain. Namun, jika cap Anda sulit dieja, sebenarnya cari alternatif lain. Anda bisa berkreasi memanfaatkan kombinasi kata yang bisa melukiskan badan Anda.

Misalnya, Anda adalah seorang ahli di bidang komputer. Anda bisa memanfaatkan cap seperti computergeeks.com.

  • Pilih Nama Domain yang Singkat

Buat cap domain yang singkat. Sebenarnya aras maksimum sebentuk cap domain adalah 63 karakter. Namun, sebenarnya buat cap domain sesingkat barangkali agar bertambah encer dihafalkan.

  • Hindari Angka dan Tanda Hubung

Hindari angka dan atribut hubung. Angka dan atribut sambung bisa menyulitkan orang untuk mengingat dan membacakan cap domain Anda. Jadi sebenarnya hindari dobel keadaan tersebut.

Sudah terbayang cap domain barang apa yang hendak Anda gunakan? Jika sudah kalau memantau ketersediaan cap domain tersebut di Cek Domain Niagahoster.

cara melaksanakan blog wp 6

5. Install WordPress.org

Di poin ini saya hendak membahas aturan instalasi blog di kebijakan WordPress.org. Sebenarnya, jika berbelanja hosting di Niagahoster, Anda tak perlu menginstall WordPress secara manual. Niagahoster menyediakan karakteristik Auto Install WordPress yang memudahkan karier Anda.

Walaupun begitu, saya konsisten hendak menjelaskan aturan install WordPress secara panduan kalau Anda kurang ingat mengaktifkan karakteristik Auto Install WordPress saat berbelanja hosting. Berikut adalah aturan menginstall WordPress secara manual:

Langkah 1 Login cPanel

Login ke cPanel lewat cantelan yang diinformasikan lewat email, biasanya seperti ini: http://namadomainanda/cpanel

login cpanel

Langkah 2 Buka Softaculous Installer

Pada bagian SOFTACULOUS APPS INSTALLER, klik simbol WordPress

Cara Membuat Blog dengan Mudah

Langkah 3 Klik Tombol Install Now

cara melaksanakan blog install wp

Langkah 4 Pilih Domain

Pilih domain Anda pada kolom Choose Domain, kolom In Directorysilakan dikosongkan

cara buat blog 5

Langkah 5 Isi Detail Website

Isi cap website Anda beserta deskripsinya, pada kolom Site Name dan Site Description

cara melaksanakan blog install wp 3

Langkah 6 Masukkan Username dan Password

Tentukan username dan password untuk login ke dashboard WordPress Anda.

bikin blog 5

Langkah 7 Pilih Tema

Pilih inti untuk blog Anda, kemudian klik tombol Install.

bikin blog 5

Langkah 8 Instalasi Selesai!

Setelah jalan instalasi selesai, hendak tampil pesan berhasil yang ampuh bibit blog beserta URL login ke dashboard admin.

cara bikin blog 3

6. Pahami Dasar-Dasar WordPress

Jika Anda belum pernah memanfaatkan WordPress sama sekali, kebijakan pabrikasi blog/website ini bisa cukup asing belah Anda. Maka dari itu, saya hendak memasrahkan kisah sekilas melanda bagian-bagian alur (sungai) WordPress dan fungsinya.

Sebelum itu, Anda perlu login ke admin area WordPress lebih-lebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka www.domainanda.com/wp-admin

2. Masukkan Username dan Password

3. Voila, Anda berjaya masuk ke admin area WordPress Anda!

Dashboard

cara bikin blog 2

Setelah berjaya login WordPress, Anda hendak diarahkan ke dashboard WordPress. Dashboard ini adalah ruang di mana Anda bisa mengakses sarwa karakteristik yang disediakan WordPress, dari konfigurasi, plugin, hingga tema.

Tema

buat blog sorangan 2

Mengganti inti di WordPress sangat mudah. Anda sekadar perlu mengakses menu Appearance > Themes kalakian cari inti WordPress yang Anda inginkan. Anda lagi bisa mengunggah inti WordPress dari pihak ketiga di menu ini.

Plugin

buat blog awak 2

Plugin jadi cacat eka ekses utama WordPress dibanding kebijakan pabrikasi blog lainnya. Anda boleh dengan encer menambahkan karakteristik ataupun fungsi di blog sekadar dengan meginstall plugin.

Post

buat blog sendiri

Inti dari blog adalah konten. Nah, untuk lansir konten Anda cukup membuka menu Post > Add New. Anda hendak diarahkan ke editor post. Di editor post Anda bisa mencatat konten, menambahkan gambar, video, dan alat lainnya.

Pages

buat blog sendiri

Selain lansir konten baru, Anda lagi memerlukan konten statis seperti About Me, Contact Me, dan semacamnya. Anda bisa menambahkan konten statis tersebut memanfaatkan Pages seperti goresan di atas.

9 Cara Mengelola dan Optimasi Blog

Perjalanan melaksanakan blog Anda belum selesai. Masih sedia berlimpah karier yang perlu Anda selesaikan agar blog Anda bisa sukses. Namun, tak perlu khawatir karena saya sudah menyiapkan beraneka macam tips akurat untuk membawakan Anda jadi blogger sukses. Yuk mencerap tips beres blogger berhasil di bawah ini!

1. Optimasi Dasar WordPress

Meskipun instalasi WordPress sudah berhasil, Anda perlu melaksanakan jumlah langkah optimasi WordPress. Langkah optimasi ini bena agar WordPress Anda bisa menciptakan kapasitas yang maksimal.

Ada setidaknya 20 langkah optimasi WordPress yang harus Anda terapkan. Dari melaksanakan contact form, melengkapi informasi blog, install Yoast SEO, memasang Google Analytics, melaksanakan sitemap, install plugin caching, mengatur keamanan WordPress, hingga memermak permalink.

Penjelasan lengkap melanda optimasi WordPress boleh Anda melisankan di artikel 20+ Langkah yang Wajib Dilakukan Setelah Install WordPress.

2. Pelajari SEO

Blog tak boleh dipisahkan dari SEO. Ketika Anda memutuskan untuk melaksanakan blog, amuh tak amuh Anda lagi harus mempertimbangkan SEO. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization ataupun optimasi mesin pencari.

SEO ini bena untuk mengakomodasi Anda menciptakan konten-konten berkualitas yang bisa menduduki peringkat teratas hasil pencarian Google. Dengan memenangkan letak tertinggi di hasil pencarian Google, blog Anda hendak semakin dikenal dan dipercaya.

Anda bisa memulainya dengan belajar artikel Belajar SEO Pemula. Setelah itu Anda bisa melanjutkannya dengan belajar ebook 30 Langkah Ampuh Optimasi SEO 2019.

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-blog/

3. Tingkatkan Kecepatan Blog

Sejak asal melaksanakan blog, Anda harus ingat bahwa kecepatan loading ada kontribusi bena di blog Anda. Pengunjung blog tak suka dengan blog yang loadingnya lama. Mereka hendak mencari blog beda yang loadingnya bertambah cepat. Menurut penyelidikan Google, 53 persen hadirin meninggalkan blog/website yang loadingnya bertambah dari 3 detik.

Selain itu, kecepatan blog lagi jadi cacat eka faktor bena dalam penilaian Google untuk memasang peringkat di hasil pencarian. Semakin cepat loading blog, semakin bagus penilaian Google untuk blog Anda.

Oleh karena itu, mengoptimasi kecepatan website adalah langkah yang harus Anda lakukan. Ikuti langkah-langkah optimasi di ebook ini untuk meluaskan kecepatan blog Anda dengan pesat!

4. Optimasi untuk Mobile

Selain kecepatan, Anda lagi perlu mengoptimasi blog Anda untuk alat mobile. Optimasi mobile ini bena karena sebagian besar pemakai internet Indonesia memanfaatkan alat mobile. Menurut penyelidikan Google, 94 persen pemakai internet di Indonesia memanfaatkan smartphone untuk mengakses internet.

Artinya mayoritas hadirin Anda berawal dari pemakai smartphone. Jadi Anda harus mengoptimasi blog untuk alat mobile. Tenang saja, caranya cukup mudah. Anda bisa menggunakan salah eka plugin mobile WordPress pokta di artikel ini.

5. Lakukan Riset Keyword

Tidak melaksanakan penyelidikan keyword adalah kesalahan fatal para blogger dalam melaksanakan blognya. Riset keyword mengakomodasi Anda menciptakan kata kancing yang tepat untuk blog Anda. Jadi Anda bisa melaksanakan konten beralaskan kata kancing yang berlimpah digunakan aspiran pembaca Anda.

Untuk mempertimbangkan bertambah lengkap melanda penyelidikan keyword, Anda bisa belajar artikel 9 Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog dan Website ini.

6. Buat Kalender Konten

Setelah melaksanakan penyelidikan keyword, Anda hendak mendapatkan beraneka macam ala citra untuk konten. Sebaiknya buat skedul konten agar Anda bisa mengatur konten barang apa sahaja yang perlu diprioritaskan. Selain itu, dengan melaksanakan kalender konten, Anda bisa mengatur skedul pabrikasi konten. Jadi Anda tak hendak merasa terbebani karena konten sudah Anda belah secara rata.

7. Promosikan Blog Anda

Menjadi blogger benar harus multitalenta. Anda tak sekadar dituntut untuk mencatat konten, lamun lagi mempromosikannya secara mandiri. Promosi blog ini harus dilakukan karena hadirin tak asal dengan sendirinya.

Mungkin saat membicarakan promosi blog keadaan pertama yang pertama kali Anda pikirkan adalah share artikel di alat sosial. Padahal promosi blog tak terbatas pada itu saja. Ada berlimpah aturan mempromosikan blog yang bisa Anda terapkan. Temukan cara-cara tersebut di artikel 10+ Cara Mempromosikan Blog untuk Meningkatkan Pengunjung.

8. Manfaatkan Google Analytics dan Google Search Console

Google Analytics dan Google Search Console adalah dobel software krusial yang perlu Anda ketahui sebagai blogger. Google Analytics hendak mengakomodasi Anda memahami gajak pembaca blog. Baca artikel tentang Google Analytics ini untuk memahaminya bertambah dalam.

Selain itu, Anda lagi memerlukan Google Search Console untuk memonitor kapasitas blog di ranah pencarian organik Google. Pelajari sepenuhnya melanda Google Search Console di artikel ini.

Kabar baiknya, dobel software tersebut tersedia gratis! Jadi Anda tak perlu khawatir bab biaya.

9. Bangun Backlink Berkualitas

Backlink sedang jadi cacat eka komponen bena di blog. Backlink adalah sebentuk link yang dipasang pada suatu blog/website yang membidik ke blog Anda. Membangun backlink sangat bena belah blog Anda karena berarti untuk menjaga reputasi blog di Google.

Ada berlimpah aturan yang bisa Anda lakukan untuk membangun backlink berkualitas untuk blog Anda. Pembahasan sepenuhnya boleh Anda melisankan di artikel aturan mendapatkan backlink berkualitas.

Konsistensi: Kunci Utama dalam Membuat Blog

Di artikel ini Anda sudah mempertimbangkan berlimpah keadaan melanda aturan melaksanakan blog sendiri. Dari memasang topik utama blog, memastikan kebijakan blog, memastikan hosting, memasang cap domain, hingga optimasi blog.

Proses aturan melaksanakan blog tak beradu saat Anda berjaya menginstall WordPress. Perjalanan melaksanakan blog sedang terus berlanjut hingga Anda bisa menciptakan konten yang berkualitas, menarik, dan bermanfaat belah pembaca Anda. Oleh karena itu, dibutuhkan stabilitas yang tinggi dalam jalan melaksanakan blog ini

Proses ini benar panjang dan barangkali melelahkan belah Anda. Namun, jalan panjang ini hendak melahirkan hasil yang hendak melaksanakan Anda merasa puas, bahagia, dan absolut membanggakan. Jadi sudah siapkah Anda melaksanakan blog?

Jika sudah siap melaksanakan blog, terus terapkan langkah-langkah di atas. Anda lagi bisa selalu mendapatkan update terbelakang melanda blog dan website jika mengklik bincul subscribe di bawah artikel ini. Selamat mencoba!

Rekomendasi Ebook untuk Anda: 

Begitulah informasi "Bagaimana Cara Membuat Blog? Ikuti 6 Langkah Mudah Ini" terimakasih sudah mau mampir.

Postingan ini ke dalam kategori template, template brosur, template cv, Esai ini bersumber dari berbagai Esai yang ada di GOOGLE searcing.

Share This :